Jumat, 09 Agustus 2013

LAPORAN DISKRIPSI SEMINAR PENDIDIKAN INTERNASIONAL



Hari  Pelaksanaan                    : Rabu dan Kamis
Tanggal Pelaksanaan               : 28 April dan 29 April  2010
Tempat                                   : Guest House Sultan Sulaiman Pemkab Banjar Martapura , Kalimantan Selatan
Pelaksanaan Kegiatan             :
STRATEGI MENJADI GURU PROFESIONAL YANG BERWAWASAN GLOBAL oleh Prof. Dr.Armai Arief,MA (Asesor Nasional, Direktur Pusat Kajian Kependidikan, Kepemimpinan dan Kepemudaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ketua Umum Majelis Pengurus Pusat Asosiasi Dosen Indonesia dan Konsultan Kementerian Pendidikan Nasional)
KELEMAHAN
Belum seluruhnya guru memiliki :
·         Kualifikasi akademik dan latar belakang pendidikan yang sesuai dengan bidang tugas serta kuantitas yang memadai.
·         Bakat, minat, panggilan jiwa, dan idealism yang seharusnya.
·         Komitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan, keimanan, ketakwaan, dan akhlak mulia.
·         Kompetensi yang diperlukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
·         Tanggung jawab atas pelaksanaan tugas sebagai guru.
·         Memperoleh penghasilan yang layak sesuai dengan kewajaran.
·         Kesempatan untuk mengembangkan ilmu secara berkelanjutkan
·         Memperoleh perlindungan dalam melaksanakan tugas, termasuk rasa aman dan jaminan keselamatan.
·         Memiliki kebebasan (independensi) dalam memberikan nilai dalam proses pendidikan sesuai dengan kaidah pendidikan dank ode etik guru.
KEKUATAN
·         Pembukaan UUD 1945
·         Pasal 31 UUD 1945
·         Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
·         Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentanf Guru dan Dosen
·         Peraturan  Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional  Pendidikan
·         Peraturan Pemerintah RI Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru
·         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Pendidik tanggal 14 Mei 2007
·         Telah disepakati anggaran pendidikan 20 % (direalisasikan tahun 2009). Ini sinyal yang baik bagi dunia pendidikan untuk meningkatkan kinerjanya termasuk kinerja guru yang professional
·         Landasan konstitusi dan realisasi 20 % anggaran pendidikan di atas telah menempatkan tugas guru sebagai tugas profesi yang terhormat dan bermartabat.
TANTANGAN
·         Tantangan berat yang dihadapi oleh para pendidik pada era global sekarang adalah masalah mempertahankan tata nilai, budaya dan karakter bangsa yang dianggap baik untuk diteruskan kepada anak bangsa. Kepada para pendidiklah, masa depan dan peradaban bangsa ini dipertaruhkan.
·         Tantangan untuk meningkatkan nilai tambah
·         Tantangan untuk melakukan riset secara komprehensif.
·         Tantangan dalam persaingan global yang semakin ketat
·         Tantangan terhadap munculnya invasi dan kolonialisme baru di bidang Iptek.
PELUANG
·         Sesuai amanat UU RI No. 20 tahun 2003 Bab XIV Pasal 50 ayat 3 Pemerintah dan atau pemerintah daerah merencanakan mulai tahun 2010 berdiri sekolah/madrasah bertarap internasional.
·         Tersedianya beasiswa bagi guru untuk studi lanjut.
·         Kerjasama dengan pihak luar untuk memajukan lembaga pendidikan

MASALAH
BAGAIMANA STRATEGI  MENJADI  GURU  PROFESIONAL  YANG  BERWAWASAN  GLOBAL ?
ERA GLOBALISASI
·         Kata “globalisasi” secara popular dapat diartikan menyebarnya segala sesuatu secara sangat cepat  ke seluruh dunia.
·         Robertson dalam Globalization : Social Theory and Global Culture (London, Sage: 1992) mendifinisikan globalisasi sebagai “ the compression of consciousness the world as a whole”.
·         Globalisasi juga melahirkan global culture (which) is encompassing the world at the international level.
PROFESIONAL
“pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.”
GURU PROFESIONAL
·         Guru professional adalah guru yang memiliki keahlian dan kewenangan khusus dalam bidang pendidikan, pengajaran, dan pelatihan yang ditekuni oleh seorang guru sebagai mata pencaharian dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
·         UU No. 14 tahun 2005 menyebutkan, guru wajib memiliki kualifikasi
1.      Akademik
2.      Kompetensi
3.      Sertifikasi Pendidik
4.      Sehat Jasmani dan Rohani
5.      Memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
KUALIFIKASI AKADEMIK GURU
  • Diperoleh melalui pendidikan tinggi yang terakreditasi sesuai dengan bidang keahliannya.
  • Kualifikasi akademik minimum lulusan S-1.
KOMPETENSI GURU
  • Kompetensi adalah seperangkat pengetahuan, keterampilan dan perilaku yang harus dimiliki, dihayati, dikuasai dan diwujudkan oleh guru dalam melaksanakan tugas profesionalnya.
  • Kompetensi guru meliputi : kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi social, dan kompetensi kepribadian
SYARAT-SYARAT GURU PROFESIONAL YANG BERWAWASAN GLOBAL
  1. Memiliki kualifikasi akademik
  2. Memiliki kompetensi
  3. Memiliki sertifikat profesi/pendidik
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional
  6. Diakui oleh masyarakat
  7. Menguasai bahasa asing
  8. Menguasai teknologi
  9. Berwawasan global
STRATEGI MENJADI GURU PROFESIONAL YANG BERWAWASAN GLOBAL
  • Guru senantiasa meningkatkan kualifikasi akademiknya dengan cara meningkatkan pendidikan formal ke jenjang yang lebih tinggi (program sarjana dan pascasarjana) maupun non formal.
  • Guru senantiasa meningkatkan kualitas kompetensinya dengan cara selalu mengembangkan kompetensi pedagogic, professional, kepribadian dan social.
  • Guru senantiasa berusaha memiliki sertifikat pendidik sesuai peraturan dan UU yang berlaku dengan cara mengikuti pelatihan dimaksud.
  • Guru senantiasa meningkatkan kualifikasi profesinya dengan cara menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohaninya.
  • Guru harus mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
  • Guru harus memiliki keahlian dan keterampilan dalam mendidik sehingga diakui oleh masyarakat luas.
  • Guru harus mampu menguasai bahasa asing, minimal bahasa Inggris dan Arab.
  • Guru harus menguasai teknologi dan komunikasi terutama computer dan jaringan internet.
  • Guru harus memiliki pemikiran yang konprehendif dan integral serta berwawasan global.
DAMPAK KEBERHASILAN GURU PROFESIONAL YANG BERWAWASAN GLOBAL TERHADAP PESERTA DIDIK
  • Melahirkan siswa yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
  • Melahirkan siswa yang berakhlak mulia (akhlakul karimah)
  • Melahirkan siswa yang taat beribadah
  • Terciptanya lingkungan sekolah yang akademis dan kondusif
  • Melahirkan siswa yang mempunyai semangat etos kerja dan keterampilan
  • Melahirkan siswa yang sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
  • Melahirkan siswa yang cinta tanah air, bangsa dan Negara, dan agamanya yang menguasai bahasa asing dan teknologi serta berwawasan global.


Pelaksanaan kegiatan :
“How To Start Local Education To An International Education “ Pembicara Ith Vuthy, Msc.MA (Mechikov State University Oddessa Ukraina, Uni Soviet. Deputy Director for Program of Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center “Seamolec)
Peter Sacks : Tearing down the Gates.
“ Our education system is becoming two education systems, divided bya class and a family’s ability to pay” A child’s potential to become a productive citizen in our democrary depends on his or her opportunities to be fully and broadly educated.
We should know Indonesian Standard of education
What is an International Standard of Education
  1. Nationalcouncil of teachers of mathematic, English,
  2. National Academic of science.
We can bring Indonesian education to international education.
Indonesian Standard of education
Where we are now?
How long does it take to arrive the destination.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar