Minggu, 18 Agustus 2013

RPP Kepala Bernomor Struktur


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Pokok Bahasan             : Bunga dan Fungsinya
Kelas/Semester             : IV (Empat)  / I (Satu)
Waktu                           : 2 x 35 Menit

A.    STANDAR KOMPETENSI
            Memahami hubungan antara sruktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.

B.     KOMPETENSI DASAR
     Menjelaskan hubungan antara bunga dan fungsinya.

C.    INDIKATOR
1.      Menyebutkan bagian-bagian bunga kembang sepatu (C1).
2.      Menjelaskan fungsi dari bagian-bagian bunga kembang sepatu (C2).
3.      Menggambarkan bagian-bagian bunga kembang sepatu (C3)

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Siswa kelas IV SD dapat menyebutkan bagian-bagian bunga kembang sepatu (kelopak bunga, mahkota bunga, putik, benang sari dan tangkai bunga), lewat gambar yang ditunjukkan guru. (C1)
2.      Siswa kelas IV SD dapat menjelaskan fungsi dari bagian-bagian bunga kembang sepatu (kelopak bunga, mahkota bunga, putik, benang sari dan tangkai bunga), saat kegiatan persentasi. (C2)
3.      Siswa kelas IV SD dapat menggambarkan bagian-bagian bunga kembang sepatu di kertas gambar pada saat presentasi. (C3)

E.   MATERI
1.      Bunga tersusun atas beberapa bagian. Bagian-bagian bunga adalah tangkai bunga, mahkota bunga, kelopak bunga, putik dan benang sari.Contoh bunga yang memiliki tangkai, mahkota, kelopak, putik dan benang sari yaitu bunga sepatu.
2.      Berbagai fungsi dari bagian-bagian bunga. Misalnya putik berfungsi sebagai alat kelamin betina, benang sari berfungsi sebagai alat kelamin jantan, kelopak berfungsi melindungi bunga saat masih kuncup, mahkota berfungsi menarik perhatian serangga sedangkan tangkai bunga berfungsi sebagai penopang putik, benang sari, kelopak dan mahkota,

F.     METODE PEMBELAJARAN
1.      Pendekatan    : Kooperatif.
2.      Model             : Kepala Bernomor Sruktur (Modifikasi dari Number Heads)
3.      Metode           : Diskusi, Penugasan, Presentasi

G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan (± 5 menit)
a.       Guru mengucapkan salam dan siswa menyahut salam dari guru.
b.      Guru mempersiapkan kelas dan media pembelajaran
c.    Guru memeriksa kesiapan siswa dalam belajar yaitu diantaranya dengan mengamati apakah siswa sudah ditempat duduknya masing-masing dan meminta siswa untuk mengeluarkan buku pelajaran dan alat tulisnya masing-masing serta yang lainya.
d.   Guru mengajak siswa untuk berdo’a sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung dan dahului dengan pembacaan surah-surah pendek.
e.       Guru melakukan absensi / mendata kehadiran siswa.
f.       Guru melakukan apersepsi.
Pada kegiatan apersepsi ini guru mengajak siswa untuk mengingat kembali pelajaran terdahulu yaitu tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Guru meminta siswa menyebutkan kembali bagian-bagian tumbuhan seperti akar, batang, daun, bunga, buah dan biji serta fungsinya.
g.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai yakni:
·         Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian bunga khususnya bunga kembang sepatu
·         Siswa dapat menjelaskan fungsi dari bagian-bagian bunga khususnya bunga kembang sepatu
·         Siswa dapat menggambarkan bagian-bagian bunga khususnya bunga kembang sepatu
h.      Guru memberi penjelasan umum tentang bagian-bagian tumbuhan khususnya bagian-bagian bunga. Pada uraian yang disampaikan guru menjelaskan bahwa bunga yang memiliki tangkai, kelopak, mahkota, benang sari, dasar bunga, dan putik disebut bunga sempurna. Jika memiliki semua bagian kecuali putik, maka disebut bunga jantan. Jika memiliki semua bagian kecuali benang sari, maka disebut bunga betina. Bunga yang memiliki benang sari dan putik disebut bunga hermafrodit. Setiap bunga memiliki bagian-bagian seperti halnya bunga sepatu.

2.    Kegiatan Inti (± 55 menit)
a.    Siswa disuruh memperhatikan gambar bunga kembang  sepatu yang ditempelkan oleh guru dipapan tulis.
b.   Siswa diminta menyebutkan bagian-bagian bunga kembang sepatu berdasarkan gambar.
c.    Guru mengelompokkan siswa dengan cara memberi siswa nomor. Siswa dibagi dalam kelompok yang terdiri dari 3 orang.Pemberian nomor dilakukan dengan menyuruh  siswa manghitung 1 sampai 3, terus diulang sampai semua siswa mendapat nomor.

d.        Tugas diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai yaitu:
1.     Siswa bernomor 1 bertugas menggambar bagian-bagian bunga kembang sepatu
2.      Siswa bernomor 2 bertugas menjawab soal yang ada di LKS
3.    Siswa bernomor 3 bertugas mempresentasikan (menempelkan gambar dan melapor hasil pekerjaan)
e.        Siswa disuruh bekerjasama antar kelompok, siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain untuk saling membantu atau mencocokan hasil kerjasama mereka.
f.        Setiap kelompok mengadakan presentasi dan kelompok lain memberikan tanggapan.
g.      Guru bersama-sama siswa mengadakan penilaian
                      
3.      Kegiatan Akhir (± 10 menit)
a.         Kesimpulan.
Pada kegiatan ini guru mengajak siswa bersama-sama menyimpulkan pelajaran hari ini yaitu tentang bagian-bagian bunga kembang sepatu yang terdiri kelopak, tangkai bunga, putik, benang sari, dan mahkota bunga.Masing-masing bagian bunga sepatu memiliki fungsi seperti putik dan benang sari merupakan alat perkembangbiakan tumbuhan, putik sebagai alat kelamin betina, benang sari sebagai alat kelamin jantan, tangkai bunga berfungsi sebagai penopang putik, benang sari, kelopak dan mahkota, kelopak berfungsi melindungi bunga saat masih kuncup sedangkan mahkota berfungsi menarik perhatian serangga.
b.        Guru melakukan refleksi (bagaimana kekompakan serta kerjasama) terhadap kegiatan kerja kelompok yang telah dilakukan.
c.         Guru memberikan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk PR
d.        Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan meminta siswa belajar di rumah.
e.         Guru mengakhiri pelajaran dengan cara memberikan nasehat agar siswa rajin belajar baik di sekolah maupun di rumah serta diakhiri dengan do’a dan salam.

H.    ALAT, SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Alat
a.       Papan tulis
b.      Kapur tulis
c.       Spidol
d.      Lembar Kerja Siswa (LKS)
2.      Sumber
a.       Panduan KTSP
b.      Buku Pendidikan Sains kelas IV Semester 1
c.       Model-model pembelajaran
3.      Media pembelajaran
a.       Gambar bunga sepatu beserta bagian-bagiannya
b.      Bunga Sepatu
c.       Kartu-kartu bernomor.

I.       PENILAIAN
1.   Teknik                     : Tes Tertulis
2.   Bentuk Instrument :  -  
a.       LKS (Lampiran)
b.      Tes Uraian



·      Tes Uraian
Soal :
1.      Sebutkan bagian-bagian bunga?(C1)
2.      Jelaskan fungsi dari putik?(C2)
3.      Jelaskan fungsi dari benang sari?(C2)
4.      Jelaskan fungsi dari mahkota bunga? (C2)
5.      Jelaskan fungsi dari kelopak bunga? (C2)
6.      Jelaskan fungsi dari tangkai bunga? (C2)
7.      Gambarkanlah secara lengkap bagian-bagian bunga kembang sepatu! (C3)

Kunci Jawaban         :
1.      Bagian-bagian dari bunga, yaitu : putik, benang sari, tangkai bunga, mahkota bunga dan kelopak bunga.
2.      Fungsi putik adalah sebagai alat kelamin betina.
3.      Fungsi benang sari adalah sebagai alat kelamin jantan.
4.      Fungsi mahkota bunga adalah menarik perhatian serangga.
5.      Fungsi kelopak bunga adalah melindungi bunga saat masih kuncup.
6.      Fungsi tangkai bunga adalah sebagai penopang putik, benang sari, kelopak dan mahkota.
7.      Gambar bagian bunga kembang sepatu :



Skor penilaian :
1.    Bobot nilai
Soal nomor 1 bernilai 2
Soal nomor 2 bernilai 1
Soal nomor 3 bernilai 1
Soal nomor 4 bernilai 1
Soal nomor 5 bernilai 1
Soal nomor 6 bernilai 1
Soal nomor 7 bernilai 3
2. Jumlah nilai = jumlah benar x bobot nilai masing-masing soal.

·         Penilaian Kinerja
No.
Nama Siswa
Aspek-Aspek Yang Dinilai
Jumlah nilai
Tepat menyebut bagian bunga kembang sepatu
Tepat menyebut fungsi bagian bunga kembang sepatu
Runtut dalam menggambarkan bagian bunga kembang sepatu
1
Nama kelompok 1:





1….





2….





Dst





·         Rentang skor yang diberikan adalah 6 sampai 9 dengan kriteria:
Kurang tepat                    = 6
Mendekati benar              = 7
Benar                                = 8
Benar dan lengkap           = 9
·         Penilaian Sikap

No.
Nama Siswa
Aspek-Aspek Yang Dinilai
Jumlah Nilai
Keaktifan
Disiplin
Kerjasama
Ketepatan
1.
Nama Kelompok 1:






1….






2….






3….






Dst











                                                                                                           





Lampiran
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Kelompok                 :                                   
Anggota Kelompok :
1.                      
2.                      
3.                      
A. Tujuan                       : Mengetahui bagian-bagian bunga melalui pengamatan.
B. Alat dan Bahan        : Bunga kembang sepatu, pensil, polpen dan kertas gambar.
         C. Keterangan                :
1.   Siswa bernomor 1 bertugas menggambar bagian-bagian bunga kembang sepatu
2.   Siswa bernomor 2 bertugas menjawab soal / mengisi tabel yang sudah disediakan
3.   Siswa bernomor 3 bertugas mempresentasikan (menempelkan gambar dan melaporkan hasil pekerjaan)
D. Langkah Kerja:     
1.      Lakukan kegiatan ini bersama anggota kelompokmu!
2.      Ambil bunga kembang sepatu yang sudah tersedia diatas meja. Amati!
3.      Copotlah bagian-bagian bunga tersebut secara hati-hati!
4.      Kelompokkan bagian-bagian yang bentuknya sama!
5.      Gambarlah bunga kembang sepatu tersebut lengkap dengan keterangannya pada kertas gambar yang tersedia!(Tugas Siswa Nomor 1)
6.      Lengkapi tabel yang sudah tersedia, tulis bagian-bagian bunga kembang sepatu beserta fungsinya? (Tugas Siswa Nomor 2)
7.      Buatlah kesimpulan/laporan berdasarkan kegiatan ini dan presentasikan hasil pekerjaan kelompok kedepan kelas serta tempelkan gambar bunga kembang sepatu dipapan tulis!(Tugas Siswa Nomor 3)
Isilah tabel berikut ini        :

No.
Bagian-bagian
Bunga Kembang Sepatu
Fungsi
1.


2.


3.


4.


5.



Kesimpulan    :



        SELAMAT MENGERJAKAN!!
Lampiran Jawaban LKS

Isilah tabel berikut ini        :

No.
Bagian-bagian
Bunga Kembang Sepatu
Fungsi
1.
Putik
Sebagai alat kelamin betina
2.
Benang Sari
Sebagai alat kelamin jantan
3.
Mahkota Bunga
Menarik perhatian serangga.
4.
Kelopak Bunga
Melindungi bunga saat masih kuncup.

5.
Tangkai Bunga
Sebagai penopang putik, benang sari, kelopak dan mahkota.


Kesimpulan        :
Bagian-bagian bunga kembang sepatu yang terdiri kelopak, tangkai bunga, putik, benang sari, dan mahkota bunga.Masing-masing bagian bunga sepatu memiliki fungsi seperti putik dan benang sari merupakan alat perkembangbiakan tumbuhan, putik sebagai alat kelamin betina, benang sari sebagai alat kelamin jantan, tangkai bunga berfungsi sebagai penopang putik, benang sari, kelopak dan mahkota, kelopak berfungsi melindungi bunga saat masih kuncup sedangkan mahkota berfungsi menarik perhatian serangga.

Gambar Bagian-bagian Bunga     :



       























Tidak ada komentar:

Posting Komentar