Rabu, 28 Agustus 2013

RPP STAD


MODEL PEMBELAJARAN STAD
 (Student Teams Achievement Division)

Sintaks model STAD
1.      Pengarahan
2.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok yang beranggota 4-5 orang secara heterogen ( campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku dll)
3.       Siswa diminta  mendiskusikan bahan belajar-LKS yang dibagikan guru secara kolabratif ( anggota kelompok yang mengerti menjelaskan kepada anggota lainnya).
4.       Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya  secara bergiliran Saat presentasi kelompok lain boleh memberi masukan atau pertanyaan (Terjadidiskusi)
5.       Guru memberiakan kuis individual kepada siswa ( pada saat mengerjakan soal tidak boleh saling memberitahu).
6.        Guru membuat skor perkembangan tiap siswa atau kelompok,
7.       Guru mengumumkan rekor tim dan individual
8.       Guru  memberikan reward atau hadiah kepada kelompok terbaik.
9.       









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Alam
Pokok Bahasan              : hubungan antar makhluk hidup
Kelas/Semester               : IV / I
Waktu                            : (2 x 35 menit)
                         
                   I.            STANDAR KOMPETENSI
5.   Memahami hubungan sesama makhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya

                II.            KOMPETENSI DASAR
5.1  Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas  (simbiosis) dan hubungan “makan dan dimakan” antar makhluk hidup (rantai makanan).

             III.            INDIKATOR
1.        Indikator Produk (kognitif):
1)   Menyebutkan contoh hubungan antar mahkhluk hidup
2)   Menjelaskan keuntungan dan kerugian hubungan antar makhluk hidup
3)   Menentukan jenis hubungan antar makhluk hidup

2.        Indikator  Proses:
1)   Mengklasifikasi jenis hubungan antar makhluk hidup
2)   Melengkapi tabel jenis hubungan antar makhluk hidup

3.        Indikator Sikap (Afektif)
1)   Dapat bekerja sama dalam kelompok.
2)   Dapat berkomunikasi dalam kelompok.
3)   Menghargai dan menerima pendapat orang lain.


             IV.            TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Tujuan Produk

1)        Siswa dapat menyebutkan contoh hubungan antar makhluk hidup   (C1)
2)        Siswa dapat menjelaskan keuntungan hubungan antar makhluk hidup (C2)
3)        Siswa dapat menjelaskan kerugian hubungan antar makhluk hidup (C2)
4)   Siswa dapat menentukan jenis hubunga antar makhluk hidup  ke dalam 3 simbiosis (C3)

2.    Tujuan  Proses:
1)        Siswa dapat mengklasifikasi menyusun/ mengorganisasi data pengamatan tentang hubungan antar makhluk hidup.
2)        Siswa dapat mengisi tabel pengamatan tentang hubungan antar makhluk hidup.

4.        Indikator Sikap (Afektif)
1)   Siswa dapat bekerja sama dengan baik dalam melaksanakan percobaan berdasarkan LKS yang diberikan
2)   Siswa dapat berkomunikasi dengan baik  dalam melaksanakan percobaan berdasarkan LKS yang diberikan.
3)    Siswa dapat menghargai dan menerima pendapat orang lain dengan baik dalam melaksanakanpercobaan berdasarkan LKS yang diberikan..



                V.            MATERI
Makhluk Hidup dan
Lingkungannya

Tidak ada makhluk hidup yang bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri,termasuk manusia. Misalnya, agar dapat bertahan hidup manusia perlu makan.Makanan manusia berasal dari tumbuhan dan hewan. Sementara itu, hewan
piaraan dan tumbuhan tidak dapat hidup dengan baik tanpa bantuan manusia. Pada bab ini kamu akan mempelajari hubungan antarmakhluk hidup dan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Hubungan saling membutuhkan ini menciptakan sesuatu yang khas. Hal tersebut juga menunjukkan betapa Sang maha pencipta telah merancang dan mengatur alam ini dengan sempurna

A. Hubungan Antarmakhluk Hidup
Amati lingkungan di sekitarmu dengan saksama! Pada beberapa makhluk hidup, terdapat hubungan yang bersifat khusus. Hubungan khusus antarmakhluk hidup disebut simbiosis. Simbiosis dapat dibedakan menjadi tiga,yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme.
1.      Simbiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang bersifat saling menguntungkan. Contohnya, simbiosis antara seekor kerbau dengan burung jalak. Kerbau memperoleh keuntungan dengan habisnya kutu kutu yang menempel di tubuhnya, sedangkan
burung jalak merasa untung karena mendapatkan makanan berupa kutu.
 
                        (contoh simbiosis mutualisme antara kerbau dan burung jalak)

Contoh lainnya adalah hubungan antara kupu kupu atau lebah dengan tanaman berbunga. Kupu kupu dan lebah membutuhkan nektar yang terdapat pada bunga sebagai makanannya. Bunga membutuhkan kupu-kupu atau lebah untuk  membantu terjadinya proses penyerbukan.
                                      

2.     Simbiosis Parasitisme




                                                                        Gambar 4.2
 Bunga rafflesiadan tumbuhan inangnya.
 (Sumber: Encarta. 2006.)
Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang mengakibatkan makhluk hidup yang satu mendapatkan keuntungan, sedangkan makhluk hidup lainnya mengalami kerugian. Misalnya, hubungan antaratanaman jeruk dengan benalu, bunga raflesiadengan inangnya, dan kutu dengan hewan tempatia tinggal.Benalu merasa untung karena mendapatkanmakanan dari tanaman jeruk, sedangkan tanamanjeruk dirugikan karena makanannya diambil oleh benalu. Bunga raflesiamengisap makanan yang dibuat tumbuhan inangnya. Akibatnya, bungaraflesia dapat tumbuh subur, sedangkan tumbuhan inangnya lamakelamaanakan mati. Kutu memperoleh makanan dengan mengisap darah dari tubuh hewan yang dihinggapinya, sedangkan hewan yang dihinggapi merasa gatal di kulit dan pertumbuhannya menjadi tidak sehat.

3. Simbiosis Komensalisme
Simbiosis komensalisme adalah hubungan antara dua makhluk hidup yang menguntungkan salah satu pihak, tetapi tidak merugikan pihak lain.Pernahkah kamu mendengar nama ikan hiu dan ikan remora? Simbiosis komensalisme terlihat antara ikan hiu dengan ikan remora. Ikan remora yang berenang di dekat tubuh ikan hiu akan turut menjelajah ke manapun ikan hiu itu pergi. Ikan remora menjadi aman dari ancaman ikan pemangsa lain karena ikan pemangsa takut terhadap ikan hiu. Sedangkan
bagi ikan hiu, ada tidaknya ikan remora tidak berpengaruh terhadapnya.
Contoh simbiosis komensalisme yang lain adalah hubungan antara tumbuhan paku atau anggrek dengan pohon besar dan anemon laut dengan
ikan badut.
           

             VI.            MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1.      Model              : Kooperatif tipe STAD
2.      Metode            :-     Ceramah
-          Tanya jawab
-          Kerja kelompok
-          Diskusi kelompok
-          Penugasan

          VII.            KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)    Guru mengucapkan salam
2)   Guru menanyakan kabar
3)   Guru memeriksa kesiapan siswa dalam belajar yaitu diantaranya dengan mengamati apakah siswa sudah ditempat duduknya masing-masing dan meminta siswa untuk mengeluarkan buku pelajaran dan alat tulisnya masing-masing serta yang lainya.
4)   Guru mengajak siswa untuk berdo’a sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung.
5)   Guru melakukan absensi / mendata kehadiran siswa.
6)   Guru melakukan appersepsi
Guru mengajak siswa bernyanyi lagu “Kupu kupu yang lucu” (Teks lagu terlampir) dan mengadakan tanya jawab seputar lagu dihubungkan dengan materi pembelajaran,
-          Lagu tersebut bercerita tentang ap?
-           Apa yang dihinggapi kupu kupu?
-          Mengapa kupu kupu hinggap di bunga?
7)   Guru menyampaikan kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.



2.    Kegiatan Inti (50 menit)
1)        Guru menjelaskan mengenai hubungan antar makluk hidup, bahwa makluk hidup tidak dapat hidup sendiri dan tergantung oleh makhluk lainnya,  seperti pada kupu kupu dan bunga. Hubungan antar makluk hidup yang khusus itu disebut simbiosis. Kupu kupu menghisap madu pada bunga untuk  mengambil nektar pada bunga yang merupakan makanannya dan bunga dapat melakukan penyerbukan karena ada kupu kupu.Hubungan antara kupu kupu dan bunga disebut simbiosis mutualisme karena saling menguntungkan, selain itu adapula simbiosis  yang menguntungkan salah satu pihak dan pihak lain tidak dirugikan serta menguntungkan salah satu pihak  diuntungkan dan salah satu dirugikan.
2)        Siswa dibagi menjadi 4 kelompok heterogen, masing masing kelompok terdiri dari 5 orang. Dan duduk melingkar pada kelompoknya masing masing.
3)        Siswa diminta mendiskusikan LKS mengenai hubungan makhluk hidup dari lingkungan  sekitar secara berkelompok (LKS terlampir)
4)        Siswa mendiskusikan LKS secara berkelompok,seluruh anggota bekerja sama, siswa yang tahu menjelaskan kepada anggota lainnya sehingga seluruh anggota kelompok mengerti.
5)        Guru bertugas sebagai fasilitator, mengawasi jalannya kerja kelompok, menilai keaktifan siswa, dan membantu siswa yang mengalami kesulitan.
6)        Masing masing kelompok diminta mempresentasikan hasil kerja kelompoknya di depan kelas secara bergiliran, pada saat presentasi, kelompok lain boleh memberikan pertanyaan atau pendapat (terjadi diskusi kelas)
7)        Guru memberikan penilaian dari hasil kerja kelompok dan ditulis di papan skor (papan skor terlampir)
8)        Guru meminta siswa kembali ke tempat duduk masing masing, siswa diminta mengerjakan kuis  secara individual, pada saat mengerjakan dan tidak boleh saling membantu.
9)        Siswa diminta menukarkan jawaban tugasnya kepada teman sebelahnya, jawaban dikoreksi bersama sama.
10)    Guru memberikan penilaian terhadap tugas individu dan diakumulasikan pada penilaian kelompok.
11)    Guru mengumumkan skor total masing masing kelompok, dan memberikan reward atau hadiah kepada kelompok terbaik.

3.    Kegiatan Penutup
1)        Guru melibatkan siswa merangkum butir-butir pembelajaran dengan mengacu pada indikator hasil belajar di atas.
2)        Membagikan LKS baru sebagai PR untuk dikerjakan siswa secara individual dan dibahas pada pertemuan berikutnya.
( LKS terlampir) 
3)        Memberikan nasehat
4)        Istirahat

       VIII.            SUMBER PEMBELAJARAN
1.      Buku Sains  Untuk SD/MI Kelas IV Penerbit Erlangga
2.      Buku Super Ilmu Pengetahuan Alam (seri buku soal) Penerbit Esis
3.      Buku Elektronik Ilmu Pengetahuan Alam
4.      Kurikulum KTSP.








             IX.            ALAT DAN BAHAN (MEDIA)

1.      Gambar gambar contoh hubungan antar makhluk hidup
2.      Papan Skor ( Papan penilaian)
3.      LKS Kelompok
4.      Kuis Individual
5.      LKS PR



                                                           
           







































TEKS LAGU


KUPU KUPU YANG LUCU

Kupu kupu yang lucu
Kemana engkau terbang
Hilir mudik mencari
Bunga bunga yang kembang
Berayun ayun
Pada tangkai yang lemah
Tidakkah sayapmu merasa lelah









LKS Kelompok
LEMBAR KEGIATAN SISWA 1

Nama Kelompok:
Nama Anggota Kelompok:

1.
2.
3.
4.


Sub Pokok Bahasan : Hubungan antar makhluk hidup
Alokasi Waktu                 : 30 Menit.
Petunjuk:

Bacalah dengan seksama langkah-langkah kerja sebelum kalian menjawab pertanyaan. Bacalah setiap pertanyaan dengan seksama.Gunakan buku siswa sebagai penuntu dalam mengerjakan pertanyaan. Silakan bekerja sama dengan anggota kelompok mu.


Soal:
Isilah tabel dibawah ini dengan nama nama makhluk hidup yang ada di sekitarmu / kamu ketahui sebanyak banyaknya yang memiliki hubungan khusus ( simbosis), kemudian golongkan makhluk hidup tersebut  ke dalam jenis simbiosisnya (simbiosis mutualisme, komensalisme, dan parasitisme), kemudian beri alasan penggolongan tersebut .

 

































Tabel LKS

NO
Nama Makhluk hidup
Jenis simbiosis
Alasan
1.    
Contoh:Kupu kupu dan bunga
Mutualisme
Saling menguntungkan, kupu kupu memperoleh makanan, bunga dibantu dalam penyerbukan.
2.    




3.    




4.    




5.    




6.    




7.    




8.    




9.    




10.                        




11.                        




12.                        




dst



KUNCI JAWABAN TABEL LKS
NO
Nama Makhluk hidup
Jenis simbiosis
Alasan
1.       
Contoh:Kupu kupu dan bunga
Mutualisme
Saling menguntungkan, kupu kupu memperoleh makanan, bunga dibantu dalam penyerbukan.
2.    
Kerbau dan jalak

Mutualisme
Jalak mendapat makanan kutu kerbau, kerbau tidak gatal lagi
3.    
Benalu dan pohon inang

Parasitisme
Benalu diuntungkan ( mengisap sari sari makanan pada pohon dan pohon menjadi layu.
4.    
Anggrek dan pohon

Komensalisme
Anggrek diuntungkan karena dapat ikut hidup di dahan pohon, pohon tidak dirugikan maupun diuntungkan karena tidak diambil sari sari makanannya.
5.    
Bunga Rafflesia dan tumbuhan inangnya




Parasitisme
Bunga rafflesia merugikan tumbuhan inangnya karena mengambilsari sari makanan pada tumbuhan inangnya.
6.    
Dst




Soal Kuis Individual
Hubungkan gambar dibawah ini berdasarkan nama makhluk hidup dan jenis simbiosisnya
SIMBIOSIS
MUTUALISME
Ikan hiu dan  remora
Kerbau dan jalak
SIMBIOSIS KOMENSALISME
Raflesia dan tumbuhan inangnya
Anggrek dan pohon
SIMBIOSIS
PARASITISME
Lebah dan bunga
Ikan badut dan anemon laut
Benalu dan pohon inang
 


















































No
Nama makhluk hidup


mutualisme
komensalisme
Parasitisme



1







2






3







4








5














1 komentar:

  1. Baccarat | Online Roulette Games - FBCasino
    Baccarat is a game of skill played by two or 메리트카지노총판 more players. 샌즈카지노 Each player bets on the number of 바카라사이트 tricks they think will be won. The dealer is

    BalasHapus