Rabu, 28 Agustus 2013

RPP Number Head Together


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata  Pelajaran                       : Ilmu Pengetahuan Alam (Sains)

Kelas / semester                      : V (Lima) / I (Satu)
Alokasi Waktu/pukul              : 2 x 35 Menit
Hari / Tanggal                         : Kamis / 11 Oktober 2012
A.    Stándar Kopetensi            : 1        Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan                
B.     Kompetensi Dasar (KD)   : 1.4     Mengidentifikasi organ peredaran darah manusia
C.     Indikator                           : 1.4.1 Mengidentifikasi alat peredaran darah manusia melalui
            gambar                                                             
D.    Tujuan Pembelajaran         :
1.      Siswa dapat menyebutkan alat-alat peredaran darah pada manusia : jantung dan pembuluh darah.  
  1. Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian jantung manusia.                                                       
E.     Pokok-pokok Materi         :
Alat Peredaran Darah pada Manusia
Pada proses pernapasan manusia dihasilkan oksigen, sedangkan pada proses pencernaan makanan dihasilkan sari-sari makanan. Oksigen dan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh akan diedarkan ke seluruh tubuh melalaui system peredaran darah.
1. Alat Peredaran Darah pada Manusia
Bagian tubuh manusia yang berfungsi mengangkut dan mengedarkan oksigen serta sari-sari makanan ke seluruh tubuh adalah darah. Peredaran darah dalam tubuh kita terjadi melalui alat peredaran darah, yaitu jantung dan pembuluh darah.
a. Jantung
Jantung merupakan organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Jantung terletak di dalam rongga dada sebelah kiri. Ukuran jantung orang dewasa kira-kira sebesar kepalan tangan. Jantung manusia terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri, dan bilik kanan. Pada jantung, bilik kiri bertugas memompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan bilik kanan bertugas memompa darah ke paru-paru.
Dalam keadaan normal jantung manusia berdenyut sebanyak 70 kali setiap menitnya. Namun demikian, denyut jantung juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti usia, jenis kelamin, dan kegiatan seseorang setiap harinya.


             Sumber: Kamus Visual                                  Gambar 1.20 Bagian-bagian jantung

b. Pembuluh darah
Pembuluh darah merupakan saluran yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari seluruh tubuh menuju jantung atau sebaliknya. Pembuluh darah dibedakan menjadi dua, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena).
Pembuluh nadi merupakan pembuluh darah yang menyalurkan darah dari jantung. Lain halnya dengan pembuluh balik yang merupakan pembuluh darah yang mengalirkan darah menuju ke jantung.
c. Paru-paru
Paru-paru merupakan organ yang ikut berperan dalam sistem peredaran darah manusia. Darah dari jantung yang sudah tidak mengandung oksigen diangkut menuju paru-paru. Darah ini banyak mengandung karbon dioksida. Di dalam paru-paru, darah melepaskan karbon dioksida dan mengikat oksigen. Darah yang telah mengandung oksigen kemudian kembali mengalir ke jantung.
2. Peredaran Darah Manusia
Peredaran darah pada tubuh manusia selalu berada di dalam darah sehingga disebut peredaran darah tertutup. Darah yang banyak mengandung sari-sari makanan beredar dan tersebar ke seluruh tubuh. Selain mengandung sari-sari makanan, darah juga mengandung oksigen yang dialirkan dari paru-paru menuju ke jantung. Dari jantung darah yang kaya akan oksigen ini akan dipompakan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.
Darah beredar di dalam tubuh melalui dua sistem peredaran darah, yaitu :
a. Peredaran darah kecil, yaitu peredaran darah dari jantung menuju paru-paru, kemudian kembali lagi ke jantung. Darah yang menuju paru-paru mengandung
karbon dioksida, sedangkan darah yang kembali ke jantung mengandung banyak oksigen.
b. Peredaran darah besar, yaitu peredaran darah dari  jantung menuju ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung.
F.      Model dan Metode           : 1. Model Kooperatif tipe Number Head Together
  2.  ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan, demonstrasi
G.    Skenario Pembelajaran      :
Tahap
Uraian Kegiatan Pembelajaran
Alat dan Media Pembelajaran
Estimasi waktu
Pendahuluan
-          Menanyakan kehadiran, mempersiap kan alat peraga.
-          Apersepsi : Menayakan pernahkah kulit kalian terluka, kemudian menghubung-kan dengan materi yang akan diajarkan
-          Motivasi : Apa yang terjadi jika terlalu banyak darah yang ke luar dari tubuh.
-          Menyampaikan tujuan pembelajaran dan kegiatan kooperatif tipe number head together.
-  Gambar  
-  power point
5 menit
Kegiatan Inti
-          Guru menyajikan materi dengan cara penjelasan tentang alat peredaran darah pada manusia menggunakan power point.
-          Guru mendemonstrasikan cara kerja jantung dengan model yang terbuat dari botol air kemasan, dan selang kecil.
-           Guru menjelaskan kegiatan belajar-mengajar dengan model number head together
-          Guru membagi siswa menjadi 6 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang.
-          Guru membagikan materi pelajaran dan lembar pertanyaan yang harus dikerjakan kelompok.
-          Di kelompoknya siswa bekerja sama untuk menyelesaikan semua pertanyaan yang sudah dibagikan.
-          Guru membimbing siswa untuk menyatakan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan, dan meyakinkan tiap anggota dalam timnya dapat mengetahui jawaban pertanyaan.
-          Gambar jantung .
-          Model tiruan jantung dari botol air kemasan.
-           Proyektor (LCD)
-          Laptop
-          Power point
50 menit
Tahap
Uraian Kegiatan Pembelajaran
Alat dan Media Pembelajaran
Estimasi waktu

-          Setelah waktu yang ditentukan (± 15 menit) sudah habis, guru memberikan kartu nomor 1 sampai 5 kepada setiap kelompok. Setiap anggota kelompok mendapat satu nomor, sehingga nomor 1 ada 5 orang, nomor 2 ada 5 orang, nomor 3 ada 5 orang, nomor 4 ada 5 orang, dan nomor 5 ada 5 orang.
-          Guru membacakan pertanyaan (menampilkan slide), kemudian memanggil suatu nomor tertentu, kemudian siswa yang nomornya sesuai panggilan supaya mengacungkan nomor yang dipegang. Siapa yang lebih dahulu mengacungkan nomor dan  sesuai   yang dipanggil guru dipersilahkan menjawab.
-          Apabila jawabannya salah maka pertanyaan dilempar kepada kolompok lain dengan nomor yang sama, dan jika benar maka kelompok tersebut mendapat skor satu.
-          Guru melakukan variasi dengan hanya mengangkat nomor tertentu tanpa bersuara dan meminta siswa untuk memperhatikan nomor tersebut. Bagi siswa yang nomornya sama diper-silahkan mengacungkan nomornya. Siapa yang lebih dahulu mengacung- kan nomor dan  sesuai   yang dipegang guru dipersilahkan menjawab.
-          Apabila jawabannya salah maka pertanyaan dilempar kepada kolompok lain dengan nomor yang sama, dan jika benar maka kelompok tersebut mendapat skor satu.
-          Begitu seterusnya sampai pertanyaan yang disediakan habis.
-          Guru memberikan penghargaan berupa pujian dan diiringi dengan tepuk tangan seluruh siswa.
-          Gambar jantung .
-          Model tiruan jantung dari botol air kemasan.
-           Proyektor (LCD)
-          Laptop
-          Power point
50 menit
Tahap
Uraian Kegiatan Pembelajaran
Alat dan Media Pembelajaran
Estimasi waktu
Penutup
-          bersama siswa merangkum dan menyimpulkan pelajaran
-          siswa mengerjakan tes akhir
-          membahas pekerjaan siswa dan penilaian

15 menit






H.    Sumber Pembelajaran        : 
Silabus kelas V
Azmiyawati, C. 2008. IPA Salingtemas untuk kelas 5 SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal 29-33.

Haryanto. 2007. Sains untuk SD Kelas V.Jakarta : Erlangga Hal 28-32.

Omegawati, WH. 2008. IPA Salingtemas kelas V untuk SD/MI. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal 33-37.

Rositawati, S.2008. Senang Belajar Ilmu Pengeahuan Alam 5  untuk SD/MI kelas 5. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal 23-25.

Sulistiyanto, H. 2008. Ilmu Pengeahuan Alam 5  untuk SD/MI kelas 5. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Hal 22-24.


I.       Penilaian
  1. Teknik penilaian          : Tertulis
  2. Intrumen Penilaian      : Isian
  3. Rumusan tes dan kunci jawaban ( terlampir)
  4. Lampiran-lampiran      : sampel nilai anak yang terbaik dan terendah, daftar nilai,   
                                       print out power point


Kepala Sekolah



.....................................
NIP ..........................................
Jilatan,  .......................
Guru Kelas V



KHAIRUZZAINI
NIP. 19711215 199703 1 006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar